Become to Perfect...

Alternatif Input Output


Dalam kehidupan sehari-hari kita mengenal apa itu yang namanya komputer? Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.

Bagaimana kita memasukkan data itu ke dalam komputer dan bagaimana kita bisa melihat output dari data itu sendiri??
Jawabannya adalah dengan alat input output. Sebagaimana kita tahu bahwa alat input output itu ada Monitor, Keyboard, Mouse, dll. Lalu bagaimana jika semua alat input output itu tidak ada? apakah kita masih bisa memasukkan data tersebut? atau ada alternatif lain untuk mengganti alat input output tadi? Saya akan mecoba menjelaskan semuanya disini, check this out :

Monitor

Apa yang terjadi jika kita tidak memiliki monitor atau monitor kita rusak, bagaimana kita menginputkan data dan melihat hasilnya di monitor??
Jawabannya adalah dengan menggunakan Proyektor. Dengan menggunakan proyektor kita dapat menggantikan monitor sebagai alat output, sehingga kita tetap dapat melihat hasil data yang telah kita inputkan tadi.

Keyboard

Lalu bagaimana dengan keyboard? apa yang bisa kita lakukan tanpa keyboard?
Keyboard dapat digantikan oleh On-screen keyboard yang sudah terinstall dalam mesin windows, oleh karena itu kita dapat mengetik dengan menggunakan mouse.
Itukan di windows, bagaimana kalo bukan windows yang tidak memiliki On-screen keyboard??
Kita dapat menggunakan scanner atau printer yang sudah terintergrasi oleh handwriting, sehingga kita dapat langsung menuliskannya dalam kertas lalu kemudian kita dapat men-scannya.

Mouse

Kalo mouse gimana hayoo??
Mouse dapat kita ganti dengan trackball atau trackpad, dan selain itu juga masih ada joystick dan pen tablet sehingga bukan masalah jika mouse kita rusak atau kita tidak punya mouse.



Okeh sekian beberapa penjelasan dari saya, maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati saudara.

Correct Me If I Wrong
Thankz.